0

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 

Mencoba mengumpulkan materi  PJJ (Pelatihan Jarak Jauh) yang dikelola oleh Edutech Madrasah bekerjasama dengan e-teachertraining.net , semoga bermanfaat.
Ucapan Jazaakumulloh khoiron katsiiron kami haturkan untuk bapak Catur Yoga Meiningdias yang telah memberikan kesempatan ini. Baarokallohu fiikum, aamiin.

Diklat ini disajikan untuk memfasilitasi para guru memahami konsep dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berlatih menyusun Proposalnya. Produk akhir dari Diklat ini adalah proposal PTK yang sudah divalidasi oleh tutor.

ORIENTASI PROGRAM

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi peserta untuk memahami profil Diklat yang akan diikutinya dan membangun komitmen serta strategi sukses agar dapat menyelesaikan sesuai dengan harapan.

KB 1 (KEGIATAN BELAJAR KE- 1)
KOMPONEN DAN SISTEMATIKA PROPOSAL

Kegiatan ini bertujuan agar peserta memiliki gambaran mengenai komponen proposal PTK. Kepada peserta disajikan kegiatan untuk mengenal komponen dan sistematika proposal serta berlatih menyusun kerangkanya. Kerangka tersebut akan digunakan untuk kegiatan latihan pada KB berikutnya. 

KB 2
PRA PTK

Pada kegiatan ini peserta dipandu untuk berlatih melakukan penelitian awal untuk mengumpukan data agar masalah dan tindakan yang diangkat otentik dan realistis.

KB 3
PENDAHULUAN PROPOSAL 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta menyusun bagian pendahuluan proposal PTK. Peserta akan dipandu menyusun pendahuluan bagian demi bagian hingga bagian tersebut baik.

KB 4
KAJIAN PUSTAKA PROPOSAL PTK

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun bagian kajian pustaka proposal PTK. Peserta dipandu untuk menyusun kerangka kajian, mendeskripsikan hasil kajian, cara pengutipan, penomoran sub judul, letak alinea dan membuat daftar pustaka menggunakan MS Word.

KB 5
METODOLOGO PENELITIAN PROPOSAL PTK

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampaun peserta dalam merumuskan metodologi penelitian. Peserta dipandu untuk merumuskan seting penelitian, prosedur penelitian, metode dan pengumpulan data dan teknik pengeolahan data.

KB 6
INSTRUMEN PTK

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan klemampuan peserta dalam menyusun instrumen penelitian. Peserta dipandu untuk merumuskan kisi-kisi dan mengkonstruksi instrumen sesuai dengan variabel penelitian


KB 7
TUGAS AKHIR

Pada kegiatan akhir ini peserta dipandu untuk melengkapi dan mengedit proposal yang sudah disusun pada bab sebelumnya sehingga menjadi proposal yang utuh dari mulai halaman depan sampai lampiran. 


ORIENTASI PROGRAM

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Para peserta yang kami hormati, kami ucapkan selamat karena Anda telah mendaftar menjadi peserta DJJ Online Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Ini artinya Anda telah memperoleh kesempatan berharga untuk mengembangkan diri. Mari kita manfaatkan kesempatan ini seoptimal mungkin.
Para peserta yang kami hormati, berdasarkan hasil Training Need Analysis (TNA) tahun 2012, salah satu jenis diklat yang dibutuhkan para guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan TNA ditemukan fenomena bahwa pada empat tahun terakhir PTK telah menjadi primadona bagi para pendidik karena laporan PTK dapat dijadikan karya tulis ilmiah hasil penelitian yang dapat diusulkan untuk memperoleh angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkat dan golongan khususnya dari golongan III d ke IV a. Fenomena tersebut dipicu oleh pemberlakuan Permen PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009  yang mensyaratkan harus terpenuhinya sub unsur publikasi ilmiah yang salah satu jenisnya adalah KTI laporan hasil PTK.
Berdasarkan alasan tersebut Diklat Penelitian Tindakan Kelas sangat dibutuhkan oleh para pendidik dalam jumlah yang sangat banyak. Namun demikian di BDK Jakarta dalam satu tahun anggaran hanya dapat diselenggarakan lima angkatan diklat Penelitian Tindakan Kelas dengan out put 300 orang. Agar lebih banyak pendidik yang dapat memperoleh diklat PTK maka sangat potensial kalau diklat ini disajikan dengan pendekatan distance learning (pendidikan jarak jauh) melalui DJJ online.
Karena diklat PTK memiliki bobot yang sangat tinggi dengan materi yang banyak sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk dikuasai, maka DJJ PTK akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama disajikan materi mengenai konsep PTK dan teknik penyusunan proposal dengan produk utamanya proposal PTK. Sedangkan pada tahap kedua akan disajikan materi tentang tahap pelaksanaan PTK dan teknik penyusunan laporannya dengan produk utama Karya Tulis Ilmiah hasil PTK.
DJJ yang sedang Anda ikuti ini adalah DJJ Online Perencanaan PTK. Melalui DJJ ini Anda akan difasilitasi untuk mempelajari teknik penyusunan proposal PTK secara terbimbing, mandiri dan kolaboratif. Kegiatan akan dibagi menjadi delapan tujuh yang terdiri dari orientasi program, 6 kegiatan belajar dan evaluasi program. Produk belajar yang harus Anda hasilkan melalui DJJ ini adalah proposal PTK. Proposal ini diharapkan akan dapat Anda realisasikan dalam praktek PTK.
Para peserta yang kami hormati, belajar online bagi sebagian orang adalah keniscayaan. Bagi Anda yang baru mengikutinya mungkin akan merasa canggung untuk beberapa saat. Bahkan ada yang mengatakan sulit. Itu adalah hal yang wajar, namun jangan sampai Anda menyerah begitu saja. Teknologi dibuat untuk memudahkan. Kita hanya membutuhkan waktu singkat untuk mempelajarinya. Untuk mengatasinya mungkin Anda harus banyak berdiskusi dengan peserta yang pernah mengikutinya. Jangan lupa juga untuk rutin menghubungi tutor dan admin apabila ada masalah teknis maupun akademis. Kunci suksesnya adalah selalu meningkatkan dan memelihara motivasi tinggi, kepercayaan diri untuk dapat belajar mandiri dan mau belajar kepada orang lain. Upayakan untuk memposisikan pekerjaan ini bukan sebagai beban.
Selamat mengikuti DJJ Online. Semoga Allah selalu memberikan energi bagi kita untuk meningkatkan semangat belajar kita. Semoga apa yang kita lakukan menjadi ibadah yang akan mendapatkan imbalan dari Allah SWT. Amin.
Wassalam.




PROFIL DIKLAT


DJJ Penyusunan Proposal PTKbertujuan untuk memandu para guru menyusun proposal PTK. Untuk mengikutinya peserta diharapkan memahami dengan baik karakter DJJ yang akan diikuti karena pemahaman terhadap karakter DJJ akan membekali peserta menentukan strategi penyelesaiannya. Dalam bagian ini kami sajikan informasi lengkap mengenai profil DJJ yang Anda akan ikuti. Silakan Anda klik setiap bagain di bawah untuk membacanya.
3.     Struktur Kurikulum
6.     Time Line


PROFIL TUTOR DAN ADMIN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Salam silaturrahmi.
Kami haturkan selamat datang pada Diklat Jarak Jauh Online Penelitian Tindakan Kelas. Pada diklat ini Anda akan difasilitasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Penelitian Tindkan Kelas dan berlatih menyusun proposal penelitiannya.
Para peserta yang kami hormati, dalam DJJ ini Anda akan dipandu oleh seorang tutor dan seorang administratur yang sering disebut "admin". Dalam sistem pembelajaran berjarak ini tutor-admin-peserta adalah sebuah tim. Pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila terjadi kooperasi dan kolaborasi antara ketiga komponen. Tutor, admin dan peserta melakukan proses kerjasama dan kolaborasi untuk menciptakan sebuah sarana dan suasana belajar virtual yang mendukung kemudahan dan kecepatan belajar
Dalam tim ini Anda sebagai peserta bertugas untuk belajar sedangkan tutor dan admin bertugas sebagai pemandu. Tutor bertugas memandu Anda dalam bidang akademis, sedangkan admin akan memandu Anda dalam bidang teknis. Yang dimaksud dengan bidang akademis adalah materi dan kegiatan belajar diklat. Sedangkan yang dimaksud dengan bidang teknis adalah hal-hal yang berkaitan dengan cara mengoperasikan fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang berada dalam learning management system (LMS).

Proses kooperasi dan kolaborasi akan terjadi apabila hubungan yang harmois dan mesra antara ketiga komponen tersebut. Oleh karena itu mari kita membangun sillaturrahmi antara kita. Untuk memulainya mari kita saling mengenal antara satu dengan lainnya.



STRATEGI SUKSES ONLINE


Berdasarkan pengalaman menyelenggarakan DJJ Online sejak tahun 2012, salah satu kendala yang dihadapi peserta adalah telat mengerjakan tugas. Banyak faktor yang menyebabkannyan namun secara umum adalah kelemahan peserta dalam mengelola diri atau yang dikenal dengan self-regulated learning.

Salah satu bentuk dari self-regulated learning bagi peserta adalah memiliki strategi mengelola diri sendiri untuk mendukung sukses mengikuti DJJ Online. Untuk merumuskannya mari kita brainstorming melalui forum diskusi.


TATA TERTIB MENGIKUTI PELATIHAN E-TEACHERTRAINING
Untuk menunjang efektifitas dan efisiensi pembelajaran online maka peserta harus mengikuti tata tertib berikut.
1. Menetapkan tujuan mengikutipelatihan. 
2. Menentukan target pencapaian hasil belajar.
3. Menandatangani kontrak belajar sepenuh hati sebagai sebuah komitmen yang harus ditaati.
4. Menentukan jadwal harian disesuaikan dengan agenda rutin harian.
5. Senantiasa melihat time line.
6. Berkomunikasi secara intensif dengan tutor, admin dan sesama peserta.
7. Tanyakan sejauh mana kemajuan yang telah dicapai kepada peserta lain.
8. Berlatih mengoperasikan fitur dan fungsi LMS melalui modul simulasi yang telah disediakan sebelum memasuki kegiatan yang sebenarnya.
9. Melengkapi perangkat yang Anda gunakan dengan aplikasi yang dapat membuka materi yang tersaji dalam LMS. 
10. Mencatat dan mengingat user name dan password.
11. Segera berkunsultasi dengan admin apabila Anda lupa user name dan password.dan masalah teknis lainnya.
12. Segera konsultasi dengan tutor apabila menemukan masalah akademis.
13. Berupaya membuka dan mengerjakan tugas setiap hari kerja.
14. Mengerjakan setiap tugas secara sistematik.
15. Mengerjakan tugas di jam kerja apabila ingin cepat di respon.
16. Menyimpan tugas-tugas dalam file agar ketika dibutuhkan kembali tidak sulit mencarinya.
17. Segera mengerjakan remedial apabila Anda belum memenuhi kriteria lulus dalam sebuah kegiatan.
18. Senantiasa mengikuti perbincangan dimedia social.
19. Menggunakan bahasa yang santun dalam berkumunikasi.
20. Membuka LMS setiap hari minimal 60 menit.
21. Hanya memperbincangkan hal-hal yang berkaitan dengan substansi materi dalam jejaring sosial.


Posting Komentar

 
Top