بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Mencoba mengumpulkan materi PJJ (Pelatihan Jarak Jauh) yang dikelola oleh Edutech Madrasah bekerjasama dengan e-teachertraining.net , semoga bermanfaat.
Ucapan Jazaakumulloh khoiron katsiiron kami haturkan untuk bapak Catur Yoga Meiningdias yang telah memberikan kesempatan ini. Baarokallohu fiikum, aamiin.
Diklat ini
disajikan untuk memfasilitasi para guru memahami konsep dan prosedur Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dan berlatih menyusun Proposalnya. Produk akhir dari
Diklat ini adalah proposal PTK yang sudah divalidasi oleh tutor.
ORIENTASI PROGRAM
Kegiatan
ini bertujuan untuk memfasilitasi peserta untuk memahami profil Diklat yang
akan diikutinya dan membangun komitmen serta strategi sukses agar dapat
menyelesaikan sesuai dengan harapan.
KB 1 (KEGIATAN BELAJAR KE- 1)
KOMPONEN DAN SISTEMATIKA PROPOSAL
Kegiatan
ini bertujuan agar peserta memiliki gambaran mengenai komponen proposal PTK.
Kepada peserta disajikan kegiatan untuk mengenal komponen dan sistematika
proposal serta berlatih menyusun kerangkanya. Kerangka tersebut akan digunakan
untuk kegiatan latihan pada KB berikutnya.
KB 2
PRA PTK
Pada
kegiatan ini peserta dipandu untuk berlatih melakukan penelitian awal untuk
mengumpukan data agar masalah dan tindakan yang diangkat otentik dan realistis.
KB 3
PENDAHULUAN PROPOSAL
Kegiatan
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta menyusun bagian pendahuluan
proposal PTK. Peserta akan dipandu menyusun pendahuluan bagian demi bagian hingga
bagian tersebut baik.
KB 4
KAJIAN PUSTAKA PROPOSAL PTK
Kegiatan
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun bagian kajian
pustaka proposal PTK. Peserta dipandu untuk menyusun kerangka kajian,
mendeskripsikan hasil kajian, cara pengutipan, penomoran sub judul, letak
alinea dan membuat daftar pustaka menggunakan MS Word.
KB 5
METODOLOGO PENELITIAN PROPOSAL PTK
Kegiatan ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampaun peserta dalam merumuskan metodologi
penelitian. Peserta dipandu untuk merumuskan seting penelitian, prosedur
penelitian, metode dan pengumpulan data dan teknik pengeolahan data.
KB 6
INSTRUMEN PTK
Kegiatan ini bertujuan
untuk meningkatkan klemampuan peserta dalam menyusun instrumen penelitian.
Peserta dipandu untuk merumuskan kisi-kisi dan mengkonstruksi instrumen sesuai
dengan variabel penelitian
KB 7
TUGAS AKHIR
Pada
kegiatan akhir ini peserta dipandu untuk melengkapi dan mengedit proposal yang
sudah disusun pada bab sebelumnya sehingga menjadi proposal yang utuh dari
mulai halaman depan sampai lampiran.
ORIENTASI PROGRAM
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarokatuh.
Para peserta yang kami hormati, kami ucapkan selamat karena Anda
telah mendaftar menjadi peserta DJJ Online Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Ini artinya Anda telah memperoleh kesempatan berharga untuk
mengembangkan diri. Mari kita manfaatkan kesempatan ini seoptimal mungkin.
Para peserta yang kami hormati, berdasarkan hasil Training
Need Analysis (TNA) tahun 2012, salah satu jenis diklat
yang dibutuhkan para guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan
TNA ditemukan fenomena bahwa pada empat tahun terakhir PTK telah menjadi
primadona bagi para pendidik karena laporan PTK dapat dijadikan karya tulis
ilmiah hasil penelitian yang dapat diusulkan untuk memperoleh angka kredit
sebagai syarat kenaikan pangkat dan golongan khususnya dari golongan III d ke
IV a. Fenomena tersebut dipicu oleh pemberlakuan
Permen PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 yang mensyaratkan harus
terpenuhinya sub unsur publikasi ilmiah yang salah satu jenisnya adalah KTI
laporan hasil PTK.
Berdasarkan alasan tersebut Diklat Penelitian Tindakan Kelas
sangat dibutuhkan oleh para pendidik dalam jumlah yang sangat banyak. Namun
demikian di BDK Jakarta dalam satu tahun anggaran hanya dapat diselenggarakan
lima angkatan diklat Penelitian Tindakan Kelas dengan out put 300
orang. Agar lebih banyak pendidik yang dapat memperoleh diklat PTK maka sangat
potensial kalau diklat ini disajikan dengan pendekatan distance learning (pendidikan
jarak jauh) melalui DJJ online.
Karena diklat PTK memiliki bobot yang sangat tinggi dengan
materi yang banyak sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk dikuasai, maka
DJJ PTK akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama disajikan materi mengenai
konsep PTK dan teknik penyusunan proposal dengan produk utamanya proposal PTK.
Sedangkan pada tahap kedua akan disajikan materi tentang tahap pelaksanaan PTK
dan teknik penyusunan laporannya dengan produk utama Karya Tulis Ilmiah hasil
PTK.
DJJ yang sedang Anda ikuti ini adalah DJJ Online
Perencanaan PTK. Melalui DJJ ini Anda akan difasilitasi
untuk mempelajari teknik penyusunan proposal PTK secara terbimbing,
mandiri dan kolaboratif. Kegiatan akan dibagi menjadi delapan tujuh yang terdiri
dari orientasi program, 6 kegiatan belajar dan evaluasi program. Produk belajar
yang harus Anda hasilkan melalui DJJ ini adalah proposal PTK. Proposal ini
diharapkan akan dapat Anda realisasikan dalam praktek PTK.
Para peserta yang kami hormati, belajar online bagi
sebagian orang adalah keniscayaan. Bagi Anda yang baru mengikutinya mungkin
akan merasa canggung untuk beberapa saat. Bahkan ada yang mengatakan sulit. Itu
adalah hal yang wajar, namun jangan sampai Anda menyerah begitu saja. Teknologi
dibuat untuk memudahkan. Kita hanya membutuhkan waktu singkat untuk
mempelajarinya. Untuk mengatasinya mungkin Anda harus banyak berdiskusi dengan
peserta yang pernah mengikutinya. Jangan lupa juga untuk rutin menghubungi
tutor dan admin apabila ada masalah teknis maupun akademis. Kunci suksesnya
adalah selalu meningkatkan dan memelihara motivasi tinggi, kepercayaan diri
untuk dapat belajar mandiri dan mau belajar kepada orang lain. Upayakan untuk
memposisikan pekerjaan ini bukan sebagai beban.
Selamat mengikuti DJJ Online. Semoga Allah selalu
memberikan energi bagi kita untuk meningkatkan semangat belajar kita. Semoga
apa yang kita lakukan menjadi ibadah yang akan mendapatkan imbalan dari Allah
SWT. Amin.
Wassalam.
PROFIL DIKLAT
DJJ Penyusunan Proposal PTKbertujuan untuk memandu para guru menyusun proposal PTK. Untuk mengikutinya peserta diharapkan memahami dengan baik karakter DJJ yang akan
diikuti karena pemahaman terhadap karakter DJJ akan membekali peserta
menentukan strategi penyelesaiannya. Dalam bagian ini kami sajikan informasi lengkap
mengenai profil DJJ yang Anda akan ikuti. Silakan Anda klik setiap bagain di
bawah untuk membacanya.
6. Time Line
PROFIL TUTOR DAN ADMIN
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Salam silaturrahmi.
Kami haturkan
selamat datang pada Diklat Jarak Jauh Online
Penelitian Tindakan Kelas. Pada diklat ini Anda akan difasilitasi untuk menambah
wawasan dan pengetahuan mengenai Penelitian Tindkan Kelas dan berlatih menyusun
proposal penelitiannya.
Para peserta
yang kami hormati, dalam DJJ ini Anda akan dipandu oleh seorang tutor dan
seorang administratur yang sering disebut "admin". Dalam sistem
pembelajaran berjarak ini tutor-admin-peserta adalah sebuah tim. Pembelajaran
akan berlangsung dengan baik apabila terjadi kooperasi dan kolaborasi antara
ketiga komponen. Tutor, admin dan peserta melakukan proses kerjasama dan
kolaborasi untuk menciptakan sebuah sarana dan suasana belajar virtual yang
mendukung kemudahan dan kecepatan belajar
Dalam tim ini
Anda sebagai peserta bertugas untuk belajar sedangkan tutor dan admin bertugas
sebagai pemandu. Tutor bertugas memandu Anda dalam bidang akademis, sedangkan
admin akan memandu Anda dalam bidang teknis. Yang dimaksud dengan bidang
akademis adalah materi dan kegiatan belajar diklat. Sedangkan yang dimaksud
dengan bidang teknis adalah hal-hal yang berkaitan dengan cara mengoperasikan
fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang berada dalam learning management system
(LMS).
Proses
kooperasi dan kolaborasi akan terjadi apabila hubungan yang harmois dan mesra
antara ketiga komponen tersebut. Oleh karena itu mari kita membangun
sillaturrahmi antara kita. Untuk memulainya mari kita saling mengenal antara
satu dengan lainnya.
STRATEGI SUKSES ONLINE
Berdasarkan
pengalaman menyelenggarakan DJJ Online sejak tahun 2012, salah satu kendala
yang dihadapi peserta adalah telat mengerjakan tugas. Banyak faktor yang
menyebabkannyan namun secara umum adalah kelemahan peserta dalam mengelola diri
atau yang dikenal dengan self-regulated learning.
Salah
satu bentuk dari self-regulated learning bagi peserta adalah memiliki
strategi mengelola diri sendiri untuk mendukung sukses mengikuti DJJ Online.
Untuk merumuskannya mari kita brainstorming melalui forum diskusi.
TATA TERTIB MENGIKUTI PELATIHAN E-TEACHERTRAINING
Untuk menunjang efektifitas dan efisiensi pembelajaran online maka peserta harus mengikuti tata tertib berikut.
1. Menetapkan tujuan mengikutipelatihan.
2. Menentukan target pencapaian hasil belajar.
3. Menandatangani kontrak belajar sepenuh hati sebagai sebuah komitmen yang harus ditaati.
4. Menentukan jadwal harian disesuaikan dengan agenda rutin harian.
5. Senantiasa melihat time line.
6. Berkomunikasi secara intensif dengan tutor, admin dan sesama peserta.
7. Tanyakan sejauh mana kemajuan yang telah dicapai kepada peserta lain.
8. Berlatih mengoperasikan fitur dan fungsi LMS melalui modul simulasi yang telah disediakan sebelum memasuki kegiatan yang sebenarnya.
9. Melengkapi perangkat yang Anda gunakan dengan aplikasi yang dapat membuka materi yang tersaji dalam LMS.
10. Mencatat dan mengingat user name dan password.
11. Segera berkunsultasi dengan admin apabila Anda lupa user name dan password.dan masalah teknis lainnya.
12. Segera konsultasi dengan tutor apabila menemukan masalah akademis.
13. Berupaya membuka dan mengerjakan tugas setiap hari kerja.
14. Mengerjakan setiap tugas secara sistematik.
15. Mengerjakan tugas di jam kerja apabila ingin cepat di respon.
16. Menyimpan tugas-tugas dalam file agar ketika dibutuhkan kembali tidak sulit mencarinya.
17. Segera mengerjakan remedial apabila Anda belum memenuhi kriteria lulus dalam sebuah kegiatan.
18. Senantiasa mengikuti perbincangan dimedia social.
19. Menggunakan bahasa yang santun dalam berkumunikasi.
20. Membuka LMS setiap hari minimal 60 menit.
21. Hanya memperbincangkan hal-hal yang berkaitan dengan substansi materi dalam jejaring sosial.
Posting Komentar