0



Bismillah,
Berikut kegiatan bimtek TIK yang dimulai dari tanggal 20 Februari 2023

Pendahuluan

Latar Belakang

Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education – selanjutnya disebut Realizing Education’s Promise- Madrasah Education Quality Reform (REP -MEQR) (IBRD 8992-ID) bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama. Salah satu program pada proyek REP -MEQR komponen 1 adalah penerapan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM). Penyusunan rencana kerja dan anggaran akan berkulitas manakala di dasarkan pada analisis hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Guna menyiapkan personel madrasah dalam melaksanakan program ini maka perlu diadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM), yang selanjutnya di sebut Bimtek.

Tujuan Program

Tujuan Program Penerapan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e -RKAM) adalah agar Madrasah mampu mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau sumber dana lainnya untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dengan demikian:

  1. Pemanfaatan semua dana bantuan dapat di pantau baik di jenjang kabupaten/kota, provinsi, maupun pusat.
  2. Kualitas lembaga pendidikan dapat ditingkatkan seiring kenaikan kualitas perencanaan dan penganggaran.

Sasaran Program

Pada Tahun Anggaran 2022, jumlah madrasah yang diikutsertakan Bimtek penerapan EDM dan e-RKAM sebanyak 15.500 meliputi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), di 16 provinsi sebagai berikut:

  1. Provinsi Sumatera Utara
  2. Provinsi Sumatera Barat
  3. Provinsi Jawa Barat
  4. Provinsi Jawa Timur
  5. Provinsi Nusa Tenggara Barat
  6. Provinsi Jawa Tengah
  7. Provinsi Kalimantan Barat
  8. Provinsi Kalimantan Selatan
  9. Provinsi Sulawesi Tenggara
  10. Provinsi Sulawesi Tengah
  11. Provinsi Sulawesi Barat
  12. Provinsi Sulawesi Utara
  13. Provinsi Maluku
  14. Provinsi Maluku Utara
  15. Provinsi Papua Barat
  16. Provinsi Papua

Jumlah dan nama madrasah sasaran Program ini ditetapkan kemudian melalui Surat Keputusan Ketua PMU.

Materi Bimtek

Substansi Bimtek penerapan EDM dan e-RKAM Tahun 2022 meliputi topik bahasan atau topik kajian sebagai berikut:

1. Materi Daring:

  1. Kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik
  2. Indonesia.
  3. Proyek REP-MEQR
  4. Petunjuk Teknis Bimtek Penerapan EDM dan e -RKAM
  5. Evaluasi Diri Madrasah (EDM)
  6. Sistem Perencanaan dan Penganggaran Madrasah
  7. Panduan Aspek Sosial dan Lingkungan untuk Madrasah
  8. Aplikasi e-RKAM
  9. Rencana Tindak Lanjut

Bimtek daring akan dilaksanakan dengan 2 metode yaitu:

  • Belajar mandiri (Asynchronous): 6 JPL
  • tatap muka virtual (Synchronous): 34 JPL
  • Total: 40 JPL

Bimtek daring dilaksanakan selama 11 hari kalender dengan menggunakan aplikasi LMS, bukti kepesertaan dan kelulusan peserta bimtek akan dibuktikan dengan adanya sertifikat bimtek daring yang dihasilkan secara otomatis oleh aplikasi LMS.

2. Materi luring

Materi luring adalah praktek penggunaan aplikasi EDM – eRKAM Latihan untuk meningkatkan pemahaman peserta bimtek dalam menggunakan aplikasi EDM – eRKAM sebelum menggunakan aplikasi EDM - eRKAM real. Durasi kegiatan luring adalah 16 JPL yang dibagi menjadi 2 malam 3 hari kegiatan dengan rincian:

  • Hari 1: 4JPL
  • Hari 2: 8JPL
  • Hari 3: 4JPL

Peserta luring akan melakukan latihan peran sebagai kamad dan bendahara/staf dalam pengisian EDM – eRKAM di aplikasi latihan.

Penilaian

  1. Dalam satu topik bahasan atau topik kajian dibagi sejumlah sub topik. Setelah peserta mempelajari satu atau beberapa sub-topik bahasan akan diakhiri dengan penilaian.
  2. Peserta yang dapat mencapai tingkat kompetensi yang ditetapkan, LMS akan mempersilahkan peserta mempelajari topik bahasan berikutnya.
  3. Jika peserta belum mencapai kompetensi yang ditetapkan, maka LMS secara otomatis membatasi peserta sehingga tidak dapat membuka media belajar atau seumber belajar topik bahasan berikutnya.
  4. Jika peserta belum dapat mencapai tingkat kompetensi yang ditetapkan, maka peserta diberi kesempatan mengulang mempelajari materi dan mengikuti proses penilaian sampai maksimum 3 kali. Namun tetap dalam kurun waktu yang ditetapkan.
  5. Setelah Bimtek secara daring dan luring tuntas dikerjakan, maka:
    • Peserta Bimtek pembekalan TIN, TIP, TIK , sertifikat dapat diunduh dari LMS segera setelah peserta mengikuti tatap muka ke-3.
    • Peserta Bimtek TIM, sertifikat akan dikirim oleh Tim LMS/PMU setelah peserta menyelesaikan tugas-tugas selama kegiatan pendampingan.

2. Sambutan Ketua PMU



3. Kilas Proyek REP MEQR

Topik bahasan ini diberikan untuk memberikan gambaran secara utuh program kegiatan REP-MEQR Project, dimana penerapan EDM dan eRKAM menjadi salah satu bagiannya. Topik ini sekaligus memberikan informasi bagi para peserta mengenai capaian pada tahun-tahun sebelumnya.

Silakan cermati video paparan mengenai "Executive Summary" di bawah.




4. Petunjuk Teknis Bimtek Penerapan EDM dan eRKAM 2022

4.a. Materi Belajar Mandiri - Petunjuk Teknis Bimtek Penerapan EDM dan eRKAM 2022

Pada sesi ini, Anda akan mempelajari materi mengenai Petunjuk Teknis Bimtek Penerapan EDM dan eRKAM 2022 melalui video dan dokumen yang disajikan.

Selamat bereksplorasi!

V.4.1 : Tahapan Bimtek EDM dan eRKAM

Silakan simak video mengenai Tahapan Bimtek EDM dan eRKAM berikut.

V.4.2 : Tahap Pendampingan dalam Bimtek EDM dan eRKAM

Silakan simak video mengenai Tahap Pendampingan dalam Bimtek EDM dan eRKAM berikut.

V.4.3 : Jadwal Pelaksanaan BimtekEDM dan eRKAM

Silakan simak video mengenai Jadwal Pelaksanaan BimtekEDM dan eRKAM berikut.

DE.4 : Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penerapan EDM dan eRKAM Th. 2022

Silakan cermati dan pelajari materi mengenai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penerapan EDM dan eRKAM Th. 2022 berikut.



5.a. Materi Belajar Mandiri - Toleransi dalam Keberagaman

V.5.1 : Udar Asumsi Membangun Perspektif

Silakan cermati dan pelajari bahan paparan mengenai Udar Asumsi Membangun Perspektif berikut.


DE.5.1 : Udar AsumsiMembangun Perspektif (Pdf)



5.a. Materi Belajar Mandiri - Toleransi dalam Keberagaman

Pada sesi ini, Anda akan mempelajari materi mengenai Toleransi dalam Keberagaman melalui video dan dokumen yang disajikan.

Selamat bereksplorasi!

V.5.2: Tantangan Kehidupan Keagamaan Saat Ini

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Tantangan Kehidupan Keagamaan Saat Ini berikut.

DE.5.2 : Tantangan Kehidupan Keagamaan Saat Ini (PPT)

Silakan cermati dan pelajari dokumen terkait Tantangan Kehidupan Keagamaan Saat Ini berikut.



V.5.3 : Landasan Teologis Moderasi Beragama

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Landasan Teologis Moderasi Beragama berikut.



DE.5.3 : Landasan Teologis Moderasi Beragama (Pdf)

Silakan cermati dan pelajari dokumen terkait Landasan Teologis Moderasi Beragama berikut.



V.5.4 : Sembilan Kata Kunci Moderasi Beragama

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Sembilan Kata Kunci Moderasi Beragama berikut.



DE.5.4 : Sembilan Kata Kunci Moderasi Beragama (Pdf)

Silakan cermati dan pelajari dokumen terkait Sembilan Kata Kunci Moderasi Beragama berikut.



V.5.5 : Strategi Moderasi Beragama

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Strategi Moderasi Beragama berikut.




DE.5.5 : Strategi Moderasi Beragama (Pdf)

Silakan cermati dan pelajari dokumen terkait Strategi Moderasi Beragama berikut.



V.5.6 : Analisis Gunung Es

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Analisis Gunung Es berikut ini.



DE.5.6 : Analisis Gunung Es (PPT)

Silakan cermati dan pelajari dokumen terkait Analisis Gunung Es berikut.



V.5.7 : Jati Diri ASN Kemenag

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Jati Diri ASN Kemenag berikut ini.



DE.5.7 : Jati Diri ASN Kemenag (PPT)

Silakan cermati dan pelajari dokumen terkait Jati Diri ASN Kemenag berikut.



Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Toleransi dalam Keberagaman. 

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.


6. Evaluasi Diri Madrasah (EDM)


6.a.1. Standar Nasional Pendidikan dan Evaluasi Sistem Pendidikan

V.6.1 : Standar Nasional Pendidikan dan Evaluasi Sistem Pendidikan

Silakan cermati dan pelajari bahan paparan mengenai Standar Nasional Pendidikan dan Evaluasi Sistem Pendidikan berikut.



DE.6.1: Standar Nasional Pendidikan dan Evaluasi Sistem Pendidikan (Pdf)





V.6.1.1 : Standar isi, Standar Proses, Standar penilaian pendidikan

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Standar isi, Standar Proses, Standar penilaian pendidikan berikut.



V.6.1.2 : Standar tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Standar tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana berikut.



V.6.1.3 : Standar pengelolaan dan standar pembiayaan

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Standar pengelolaan dan standar pembiayaan berikut.



V.6.1.4 : Pengembangan, pemantauan dan pelaporan standar nasional pendidikan

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Pengembangan, pemantauan dan pelaporan standar nasional pendidikan berikut.



Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Standar Nasional Pendidikan dan Evaluasi Sistem Pendidikan. 

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.


6.a.2. Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah

V.6.2 : Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah

Silakan cermati dan pelajari bahan paparan mengenai Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah berikut.


DE.6.2: Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (PPT)

Silakan cermati dan pelajari materi mengenai Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah berikut.


V.6.2.1 : Perinsip penyusunan EDM, Pelaksanaan EDM, Keanggotaan TPM

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Perinsip penyusunan EDM, Pelaksanaan EDM, Keanggotaan TPM  berikut.


V.6.2.2 : Tugas Pokok TPM Madrasah, Tahapan Peyusunan EDM

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Tugas Pokok TPM Madrasah, Tahapan Peyusunan EDM berikut.


V.6.2.3 : Indikator Pengukuran EDM dan 5 aspek budaya mutu

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Indikator Pengukuran EDM dan 5 aspek budaya mutu berikut.


V.6.2.4 : Hubungan 5 Aspek Budaya Mutu dan SNP

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Hubungan 5 Aspek Budaya Mutu dan SNP berikut.


V.6.2.5 : Kerangka instrument EDM, dan Langkah penetapan level kinerja indikator

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Kerangka instrument EDM, dan Langkah penetapan level kinerja indikator berikut.


V.6.2.6 : Data sekunder pendukunng dashboard, EDM Hubungan data sekunder Butir EDM, Contoh pilihan butir EDM

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Data sekunder pendukunng dashboard, EDM Hubungan data sekunder Butir EDM, Contoh pilihan butir EDM berikut.


Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah. 

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.

V.6.3 : Perhitungan Skor Kinerja Penjaminan Mutu (SKPM)

Silakan cermati dan pelajari bahan paparan mengenai Perhitungan Skor Kinerja Penjaminan Mutu (SKPM) berikut.

DE.6.3: Perhitungan Skor Kinerja Penjaminan Mutu (PPT)

Silakan cermati dan pelajari materi mengenai Perhitungan Skor Kinerja Penjaminan Mutu berikut.


V.6.3.1 : Menghitung skor kinerja pencapaian mutu aspek, pengkategorian kinerja

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Menghitung skor kinerja pencapaian mutu aspek, pengkategorian kinerja berikut.



Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Perhitungan Skor Kinerja Penjaminan Mutu (SKPM). 

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.

6.a.4. Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM)

Pada sesi ini, Anda akan mempelajari materi mengenai Petunjuk Teknis Bimtek Penerapan EDM dan eRKAM 2022 melalui video dan dokumen yang disajikan.

Selamat bereksplorasi!

DE.6.4: Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (Pdf)

Silakan cermati dan pelajari materi mengenai Instrumen Evaluasi Diri Madrasah berikut.



V.6.4 : Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM), Bagian A, Aspek kedisiplinan warga madrasah

Silakan cermati dan pelajari bahan paparan mengenai Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM), Bagian A, Aspek kedisiplinan warga madrasah berikut.


V.6.4.1 : Bagian B Aspek pengembangan diri guru dan tenaga kependidikan

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Bagian B Aspek pengembangan diri guru dan tenaga kependidikan  berikut.


V.6.4.2 : Bagian C Aspek persiapan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Bagian C Aspek persiapan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran berikut.


V.6.4.3 : Bagian D Aspek penggunaan materi pembelajaran

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Bagian D Aspek penggunaan materi pembelajaran berikut.


V.6.4.4 : Bagian E Aspek perencanaan pembiayaan

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Bagian E Aspek perencanaan pembiayaan berikut.


Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM). 

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.

6.a.5. Tahapan Pengisian Evaluasi Diri Madrasah (EDM)

DE.6.5.1: Pedoman Pengisian Evaluasi Diri Madrasah (EDM)

Silakan cermati dan pelajari materi mengenai Pedoman Pengisian Evaluasi Diri Madrasah berikut.


DE.6.5.2: Pedoman Teknis Pengisian Evaluasi Diri Madrasah(PPT)

Silakan cermati dan pelajari materi mengenai Pedoman Teknis Pengisian Evaluasi Diri Madrasah berikut.


V.6.5 : Tahapan Pengisian Evaluasi Diri Madrasah (EDM), Akses ke website EDM dan Login

Silakan cermati dan pelajari bahan paparan mengenai Tahapan Pengisian Evaluasi Diri Madrasah (EDM), Akses ke website EDM dan Login berikut.



V.6.5.1 : Pengisian butir instrument

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Pengisian butir instrument  berikut.


V.6.5.2 : Pemilihan usulan sub kegiatan per butir

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Pemilihan usulan sub kegiatan per butir berikut.


V.6.5.3 : Usulan sub kegiatan diluar butir instrument EDM

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Usulan sub kegiatan diluar butir instrument EDM berikut.


V.6.5.4 : Penyusunan prioritas usulan sub kegiatan

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Penyusunan prioritas usulan sub kegiatan berikut.


V.6.5.5 : Persetujuan Kepala Madrasah

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Persetujuan Kepala Madrasah berikut.


V.6.5.6 : Fitur Tarik Persetujuan dan Revisi Sub Kegiatan

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Fitur Tarik Persetujuan dan Revisi Sub Kegiatan berikut.

7. Sistem Perencanaan dan Pengganggaran Madrasah

7.a. Sistem Perencanaan dan Pengganggaran Madrasah

Pada sesi ini, Anda akan mempelajari materi mengenai Petunjuk Teknis Bimtek Penerapan EDM dan eRKAM 2022 melalui video dan dokumen yang disajikan.

Selamat bereksplorasi!

DE.7.2: Perencanaan dan Penganggaran Madrasah Berbasis Kinerja (Pdf)

Silakan cermati dan pelajari bahan paparan mengenai Sistem Perencanaan dan Pengganggaran Madrasah berikut.



V.7.1 : Perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja berikut.



V.7.2 : Indikator dan Tenaga Kerja

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai indikator dan tenaga kerja berikut.



V.7.3 : Metode pengukuran kinerja dengan pendekatan 4 kuadran

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai metode pengukuran kinerja dengan pendekatan 4 kuadran berikut.



V.7.4 : Target dan realisasi kinerja

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai metode pengukuran kinerja dengan pendekatan 4 kuadran berikut.



V.7.5 : Standar Analisa Belanja

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Standar Analisa Belanja berikut ini.



V.7.6 : Kewajaran beban kerja

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Kewajaran beban kerja berikut ini.



V.7.7 : Kewajaran biaya

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Kewajaran biaya berikut.





V.7.8 : Penganggaran berbasis kinerja dan Value for money

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Penganggaran berbasis kinerja dan Value for money berikut.



V.7.9 : Hirarki perencanaan dan penganggaran strategik

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Hirarki perencanaan dan penganggaran strategik berikut.



V.7.10 : Rencana strategis dan indikator kinerja

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Rencana strategis dan indikator kinerja berikut.



V.7.11 : Kriteria Penyusunan Visi dan Misi

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Kriteria Penyusunan Visi dan Misi berikut.



V.7.12 : Tujuan sasaran program dan kegiatan

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Tujuan sasaran program dan kegiatan berikut.



V.7.13 : Analisis masalah dan pencapaian visi dan misi

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Analisis masalah dan pencapaian visi dan misi berikut.



V.7.14 : Analisis SWOT

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Analisis SWOT berikut.



V.7.15 : Benang merah antara EDM, RKM, dan RKAM

Silakan simak dan pelajari paparan mengenai Benang merah antara EDM, RKM, dan RKAM berikut.



Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Sistem Perencanaan dan Penganggaran Madrasah. 

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.

Selamat berdiskusi!


8. Panduan Aspek Sosial dan Lingkungan untuk Madrasah


V.8 : Implementasi Panduan Lingkungan & Sosial Pengembangan Aplikasi EDM dan eRKAM

Topik bahasan ini diberikan untuk memberikan pemahaman terkait pedoman aspek sosial dan lingkungan yang wajib diterapkan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Madrasah.

Silakan cermati video paparan mengenai Implementasi Panduan lingkungan & Sosial Pengembangan Aplikasi EDM ERKAM di bawah.



Panduan Aspek Sosial dan Lingkungan untuk Madrasah



2. Prosedur Pengelolaan Tenaga Kerja, Termasuk Mekanisme Penanganan Aduan Dan Kode Etik



3. Praktek Pengelolaan Lingkungan Untuk Sampah Elektronik Dan Pekerjaan Rehab Kecil-Sedang



4. Mekanisme Penanganan Aduan Untuk Aspek L&S



5. Protokol Kesehatan Untuk Covid-19



6. Panduan Keamanan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K4) Dan Pencegahan Kekerasan Berbasis GenderTerhadap Anak Serta Kode Etik



7. Panduan Kesiapsiagaan Dan Tanggap Darurat



8. Formulir Rencana Mitigasi Risiko Dan Monitoring Aspek L&S (Untuk Rehab Kecil-Sedang)



DE.9: Pedoman penggunaan Aplikasi eRKAM


URL

DE.9.1: Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Pusat

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Fitur Akun Pusat aplikasi eRKAM berikut.



V.9.1. Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Pusat

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Pusat berikut.

V.9.1.1. Fitur Utama pada Akun Pusat

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Fitur Utama pada Akun Pusat berikut.

V.9.1.2. Penjelasan Fitur Tahun Anggaran

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Tahun Anggaran berikut.

V.9.1.4. Penjelasan Fitur Profil User

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Profil User berikut.

V.9.1.5. Penjelasan Fitur Dashboard

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Dashboard berikut.


V.9.1.6. Penjelasan Fitur Pengaturan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai  Penjelasan Fitur Pengaturan berikut.


V.9.1.7. Penjelasan Fitur Referensi

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Referensi berikut.



V.9.1.8. Penjelasan Fitur Program dan Kegiatan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Program dan Kegiatan berikut.

V.9.1.9. Penjelasan Fitur Tahun

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Tahun dan Kegiatan berikut.

V.9.1.10. Penjelasan Fitur Jenis Belanja

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Jenis Belanja berikut.

V.9.1.11. Penjelasan Fitur Komponen Biaya

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai  Penjelasan Fitur Komponen Biaya berikut.


V.9.1.12. Penjelasan Fitur Kegiatan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Kegiatan berikut.


V.9.1.13. Penjelasan Fitur Sub Kegiatan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Sub Kegiatan berikut.


V.9.1.14. Penjelasan Fitur Satuan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Satuan berikut


V.9.1.15. Penjelasan Fitur Pajak

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Pajak berikut.


V.9.1.16. Penjelasan Fitur Tipe Pencairan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Tipe Pencairan berikut.


V.9.1.17. Penjelasan Fitur Sumber Dana Madrasah

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Sumber Dana Madrasah berikut.


V.9.1.18. Penjelasan Fitur Madrasah

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Madrasah berikut.


V.9.1.19. Penjelasan Fitur Laporan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai  Penjelasan Fitur Laporan berikut.


Simulasi penggunaan aplikasi e-RKAM

Setelah mencermati penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Pusat maupun tingkat Provinsi, Anda disilakan untuk melakukan simulasi dan mengeksplor aplikasi e-RKAM tersebut dengan mengakses laman berikut.

klik tautan : erkam-latihan.kemenag.go.id

Gunakan akun yang telah diregistrasi.

Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi e-RKAM Tingkat Pusat. 

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.

Selamat berdiskusi!


V.9.2. Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Provinsi dan Tahun Anggaran

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai  Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Provinsi dan Tahun Anggaran berikut.

V.9.2.2. Penjelasan Fitur Profil User

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai  Penjelasan Fitur Profil User User berikut.


V.9.2.3. Penjelasan Fitur Dashboard

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Dashboard berikut.


V.9.2.4. Penjelasan Fitur Pengaturan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Pengaturan berikut.


V.9.2.5. Penjelasan Fitur Referensi

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Referensi berikut.


V.9.2.6. Penjelasan Fitur Laporan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Laporan berikut.


Simulasi penggunaan aplikasi e-RKAM

Setelah mencermati penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Pusat maupun tingkat Provinsi, Anda disilakan untuk melakukan simulasi dan mengeksplor aplikasi e-RKAM tersebut dengan mengakses laman berikut.

klik tautan : erkam-latihan.kemenag.go.id

Gunakan akun yang telah diregistrasi.


e-RKAM Tingkat Kabupaten/Kota


9.3.a. Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Kabupaten/Kota

DE.9.3: Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Kabupaten/Kota



V.9.3. Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Kabupaten/Kota, Akses Website e-RKAM

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Kabupaten/Kota, Akses Website e-RKAM berikut.


V.9.3.1. Fitur Utama pada Akun Kabupaten/Kota

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Fitur Utama pada Akun Kabupaten/Kota berikut.



V.9.3.2. Penjelasan Fitur Tahun Anggaran

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Tahun Anggaran berikut.


V.9.3.4. Penjelasan Fitur Profil User

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Profil User berikut.


V.9.3.5. Penjelasan Fitur Dashboard

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Dashboard berikut.


V.9.3.6. Penjelasan Fitur Pengaturan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Pengaturan berikut.


V.9.3.7. Penjelasan Fitur Referensi

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Referensi berikut.


V.9.3.8. Penjelasan Fitur Laporan

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Laporan berikut.


V.9.3.9. Penjelasan Fitur Komentar

Silakan cermati dan pelajari petunjuk teknis mengenai Penjelasan Fitur Komentar berikut.



Simulasi penggunaan aplikasi e-RKAM

Setelah mencermati penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Kabupaten/Kota, Anda disilakan untuk melakukan simulasi dan mengeksplor aplikasi e-RKAM tersebut dengan mengakses laman berikut.

klik tautan : erkam-latihan.kemenag.go.id

Gunakan akun yang telah diregistrasi.


e-RKAM Tingkat Madrasah


9.4.a. Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Madrasah

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Madrasah, Akses Website e-RKAM oleh Admin Madrasah di bawah.


DE.9.4: Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Madrasah



V.9.4.3. Penjelasan Fitur Notifikasi

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Notifikasi di bawah.


V.9.4.4. Penjelasan Fitur Sinkronisasi Offline ke Online

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Sinkronisasi Offline ke Online di bawah.


V.9.4.5. Penjelasan Fitur Profil User

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Profil User di bawah.


V.9.4.6. Penjelasan Fitur Dashboard

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Dashboard di bawah.


V.9.4.7. Penjelasan Fitur Profil Madrasah

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Profil Madrasah di bawah.


V.9.4.8. Penjelasan Fitur Pengaturan

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Pengaturan di bawah.


V.9.4.9. Penjelasan Fitur Referensi

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Referensi di bawah.


V.9.4.10. Penjelasan Fitur Rencana dan Alur Proses Pengisian Pagu Indikatif

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Rencana dan Alur Proses Pengisian Pagu Indikatif di bawah.


V.9.4.11. Penjelasan Penetapan Jadwal oleh Admin Kabupaten/Kota

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Penetapan Jadwal oleh Admin Kabupaten/Kota di bawah.


V.9.4.12. Penjelasan Proses Pengisian Pendapatan Pagu Indikatif oleh Kepala Madrasah

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Proses Pengisian Pendapatan Pagu Indikatif oleh Kepala Madrasah di bawah.


V.9.4.13. Penjelasan Alur Proses Pengisian Belanja Pagu Indikatif

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Alur Proses Pengisian Belanja Pagu Indikatif di bawah.


V.9.4.14. Penjelasan Pengisian Rincian Biaya oleh Staff/Bendahara

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Pengisian Rincian Biaya oleh Staff/Bendahara di bawah.


V.9.4.15. Penjelasan Persetujuan Rincian Biaya Indkatif oleh Kepala Madrasah

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Persetujuan Rincian Biaya Indkatif oleh Kepala Madrasah di bawah.


V.9.4.16. Penjelasan Alur Proses Pengisian Pendapatan dan Belanja Pagu Definitif

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Alur Proses Pengisian Pendapatan dan Belanja Pagu Definitif di bawah.


V.9.4.17. Penjelasan Import Rencana Definitif dari Rencana Indikatif oleh Kepala Madrasah

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Import Rencana Definitif dari Rencana Indikatif oleh Kepala Madrasah di bawah.


Simulasi penggunaan aplikasi e-RKAM

Setelah mencermati penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Madrasah, Anda disilakan untuk melakukan simulasi dan mengeksplor aplikasi e-RKAM tersebut dengan mengakses laman berikut.

klik tautan : erkam-latihan.kemenag.go.id

Gunakan akun yang telah diregistrasi.

Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Madrasah, Akses Website e-RKAM oleh Admin Madrasah

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.

Selamat berdiskusi!


9.5.a. Fitur – Fitur Realisasi pada Tingkat Madrasah

DE.9.5: Fitur – Fitur Realisasi pada Tingkat Madrasah



V.9.5. Fitur – Fitur Realisasi pada Tingkat Madrasah

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan fitur-fitur e-RKAM Tingkat Madrasah, Akses Website e-RKAM oleh Admin Madrasah di bawah.


V.9.5.1. Alur Proses Realisasi Secara Umum

Silakan cermati video paparan mengenai Alur Proses Realisasi Secara Umum di bawah.


V.9.5.2. Fitur Realisasi Pendapatan

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Realisasi Pendapatan di bawah.


V.9.5.3. Fitur Realisasi Pindah Buku

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Realisasi Pindah Buku di bawah.


V.9.5.4. Fitur Realisasi Pengeluaran Kegiatan

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Realisasi Pengeluaran Kegiatan di bawah.


V.9.5.5. Fitur Realisasi Pengeluaran Pajak

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Realisasi Pengeluaran Pajak di bawah.


V.9.5.6. Fitur Realisasi Pengembalian Dana

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Realisasi Pengembalian Dana di bawah.


V.9.5.7. Fitur Realisasi Output Kegiatan

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Realisasi Output Kegiatan di bawah.


Simulasi penggunaan aplikasi e-RKAM

Setelah mencermati penjelasan fitur-fitur Realisasi pada Tingkat Madrasah, Anda disilakan untuk melakukan simulasi dan mengeksplor aplikasi e-RKAM tersebut dengan mengakses laman berikut.

klik tautan : erkam-latihan.kemenag.go.id

Gunakan akun yang telah diregistrasi.

Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Fitur – Fitur Realisasi pada Tingkat Madrasah

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.

9.6.a. Penjelasan Fitur Laporan pada Akun Tingkat Madrasah

V.9.6. Penjelasan Fitur Laporan pada Akun Tingkat Madrasah

Silakan cermati video paparan mengenai Penjelasan Fitur Laporan pada Akun Tingkat Madrasah di bawah.

V.9.6.1. Fitur Laporan Rencana

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Laporan Rencana di bawah.


V.9.6.2. Fitur Laporan Penatausahaan

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Laporan Penatausahaan di bawah.


V.9.6.3. Fitur Laporan Realisasi

Silakan cermati video paparan mengenai Fitur Laporan Realisasi di bawah.


Simulasi penggunaan aplikasi e-RKAM

Setelah mencermati penjelasan Fitur Laporan pada Akun Tingkat Madrasah, Anda disilakan untuk melakukan simulasi dan mengeksplor aplikasi e-RKAM tersebut dengan mengakses laman berikut.

klik tautan : erkam-latihan.kemenag.go.id

Gunakan akun yang telah diregistrasi.

Penutup

Selamat, Anda telah mencapai akhir pembelajaran materi Penjelasan Fitur Laporan pada Akun Tingkat Madrasah

Selanjutnya, Anda diharapkan dapat berperan secara aktif dalam forum diskusi yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam dengan dan dari hasil berbagi ide, pengalaman, saran, kendala, dan atau solusi dengan peserta lain.



Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top